Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor dan Sumur Gali


Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor dan Sumur Gali | Air menjadi kebutuhan utama yang tak pisahkan dari kehidupan manusia sebagai mahluk hidup, air memang menjadi kebutuhan utama yang paling komplek di rumah tangga mulai dari untuk minum, cuci, masak, dan kebutuhan lainnya.

Hampir setiap rumah yang Anda temui pasti memiliki sumber mata air di sekitar rumahnya entah milik pribadi ataupun milik umum yang dipakai secara bersama-sama.

Sebagai kebutuhan yang sangat mendasar, tentunya anda selalu membutuhkan penggunaan air setiap saat. Maka dari itu tak sedikit dari anda yang saat ini belum memiliki sumber mata air pribadi dan mempunyai rencana untuk membuat sumur yang dapat berfungsi dalam memenuhi kebutuhan air setiap harinya.

Lalu bagaimana cara memilih sumber air terbaik yang cocok untuk kondisi daerah Anda? 

Di setiap rumah yang anda temui sudah banyak yang menggunakan berbagai jenis sumur sebagai tempat untuk pemenuhan kebutuhan air setiap harinya. Tak jarang dari mereka menggunakan 1 atau 2 buah sumur sekaligus sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan air yang tak mungkin berhenti.

Dengan semakin banyaknya kebutuhan air saat ini dan pasokannya mulai berkurang, di kota-kota besar bahkan sudah banyak yang menggunakan air PDAM sebagai cara alternafif untuk pemenuhan kebutuhan air bersih setiap harinya. Tak jarang juga di setiap rumah juga menggunakan jenis tandon penyimpan air dalam jumlah yang banyak, tujuannya tak lain adalah jika sewaktu-waktu ada pemadaman listrik maka produksi air tidak akan berhenti dan tetap dapat digunakan.

Namun, bagaimana untuk mereka yang tak memiliki stok air yang banyak seperti penggunaan tandon tersebut? Salah satu cara yang dapat dilakuan untuk pemenuhan kebutuhan air tak lain adalah dengan membuat sendiri aliran air atau sumur sebagai alat pemancing yang mengambil air langsung dari sumbernya.

Memang diketahui telah banyak sekali jenis sumur yang mulai digunakan oleh masyarakat kita mulai dari penggunaan sumur bor, sumur gali,dan jenis sumur lainnya. Dari berbagai jenis sumur yang digunakan tersebut tetap memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengambil air langsung dari sumber mata airnya.

Namun seringkali sumur yang anda gunakan di rumah mengalami masalah misalnya saja seperti sumur kering, sumur yang tercampur dengan bahan materal lainnya, sumur tua, ataupun masalah lainnya.

Sumur bor dan sumur gali merupakan salah satu dari jenis sumur yang banyak digunakan di rumah-rumah masyarakat saat ini, tak jarang dari mereka yang lebih memilih ke 2 jenis sumur tersebut dengan beragam alasan.

Keadaan geografis lokasi rumah seringkali juga menjadi alasan dalam pemilihan jenis sumur yang digunakan. Misalnya saja untuk masyarakat yang berada di daerah dataran tinggi mereka kebanyakan akan memilih jenis sumur bor sebagai alternafif utama dalam mendapatkan pasokan air bersih.

Meskipun keadaan permukaan tanah yang lebih tinggi dan juga mata air yang berada jauh di pusat permukaan tanah namun tak membuat mereka menyerah untuk membangun dan memiliki sumur pribadi meskipun biaya yang harus dikeluarkan relatif lebih tinggi.

Untuk masyarakan yang berada di daratan sedang misalnya saja seperti desa, kota dan sebagainya alternatif penggunaan sumur gali atau sumur timba juga masih banyak menjadi pilihan. Sebenarnya penggunaan jenis sumur, baik itu sumur bor atau sumur gali memiliki fungsi dan kegunaan yang sama saja. Sebagai pemenuhan pasokan air tentu kedua jenis sumur tersebut memiliki kelebihan dan kekurang yang seringkali menjadi pertimbangan bagi mereka yang ingin membangun sumur di sekitar rumah.

Dari beberapa alasan yang sering menyebutkan mengenai penggunaaan sumur bor dan sumur gali, tentu sebelum anda membangunnya ketahuilah dahulu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurang dari ke 2 jenis sumur tersebut baik itu sumur bor maupun sumur gali.

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor dan Sumur Gali

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor

Setiap jenis sumur yang anda gunakan tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Tak jaang dari kelebihan dan kekurangan tersebut sering digunakan patokan bagi mereka yang berencana akan membuat sumur. Seperti halnya penggunaan sumur bor, sumur bor memang lebih banyak digunakan oleh masyarakat di jaman modern seperti ini. Selain lebih praktis dan tak perlu bersusah ayah dalam pengambilan air dari sumbernya, penggunaan sumur bor juga lebih dapat mengirit tempat misalnya saja sumur bor dapat diletakkan pengeborannya di dalam rumah, halaman rumah dan lainnya.

Bagi masyarakat yang memiliki lahan sempet pun juga tidak menjadi masalah, karena penempatan sumur bor tidak terlalu banyak memakan lahan karena pembuatan sumur bor yang hanya dibor di bawah tanah dengan menggunakan alat bor yang dilengkapi dengan penggunaan pipa-pipa sesuai dengan panjang letak mata airnya. Penggunaan sumur bor ini kebanyakan juga menggunakan alat pembangkit air seperti sanyo, diesel air atau alat lainnya. Untuk anda yang ingin mengetahu kelebihan dan kekurangan sumur bor dalam pemenuhan pasokan air,

Berikut adalah penjelasan lengkap emngenai kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan sumur bor dalam kehidupan anda:

Kelebihan Sumur Bor :

  1. Proses Pembuatan Cepat Proses pembuatan sumur bor yang lebih cepat karena dikerjakan dengan antuan mesin dan penggunaan tenaga yang lebih minimal sehingga tidak terlalu banyak orang yang mengerjakannya.
  2. Penentuan Kedalaman Sumur Lebih Mudah Untuk penentuan ke dalaman sumber airnya sendiri juga lebih mudah karena semua prosesnya sudah menggunakan bantuan alat yang lebih canggih dan modern.
  3. Penggunaan Tempat yang Lebih Kecil Untuk tempat peletakkan pembuatan sumur bor sendiri juga tidak terlalu banyak memakan tempat karena penggunaan sumur bor akan memakan diameter yang lebih kecil dibanding dengan penggunaan sumur gali. Si pemilih bahkan dapat meletakkan pembuatan sumur bor di dalam rumah karena penggunaan diameter tanah yang tak terlalu luas.
  4. Tidak Mudah Mengalami Pencemaran Salah satu kelebihan dari penggunaan sumur br adalah tidak mudahnya terkena pencemaran yang ada di sekitarnya. Penggunaan pipa pvc dan juga di tambah dengan penggunaan pipa galvanis juga menambah keamanan tersendiri untuk sumur yang tidak akan mudah tercambut dengan bahan material lainnya.

Kekurangan Sumur Bor :

  1. Biaya Lebih Mahal Karena pembuatannya yang dikerjaan dengan bantuan alat yang lebih canggih sekaligus penggunaan bahan lain seperti mesin pompa sanyo, pipa dan sebagainya membuat biaya pembuatan sumur bor lebih mahal jika dibanding dengan sumur gali.
  2. Penggunaan Mesin Pompa yang Lebih Mahal

Pengeboan yang dilakukan pada jenis sumur bor memang dilakukan lebih dalam, sehingga untuk menaikkan debit air ke atas permukaan maka harus menggunakan mesin pompa jet pum dengan kualitas terbaik. Semakin tinggi pengeboran tanah yang dilakukan maka semakin besar pula tenaga yang akan dikeluarkan oleh mesin pompa tersebut. Maka dari tu penggunaan jenis pompa berkualitas akan menambah ketahanan dari sumur bor yang bisa anda gunakan sebagai pemenuhan stok air untuk kebutuhan sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Gali atau Sumur Timba

Jika di atas sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan mengenai penggunaan sumur bor, maka selanjutnya mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan penggunaan sumur gali. Sumur gali memang saat ini mulai banyak ditinggalkan oleh beberapa masyarakat modern.

Dengan berbagai alasannya, memang penggunaan sumur gali sudah sangat jarang sekali digunakan oleh beberapa masyarakat yang ada di kota besar. Namun, tak sedikit kita ketahui bahwa di desa masih banyak sekali penggunaan sumur gali ini sebagai sumber pemenuhan akan kebutuhan air.

Alasan apa yang membuat sumur gali mulai ditinggalkan dan mulai beralih ke smur bor? Namun mengapa masih banyak masyarakat yang lebih memilih penggunaan sumur gali dibanding sumur bor? Untuk menjawabnya inilah beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada penggunaan jenis sumur gali:


Kelebihan Sumur Gali :

  1. Diameter Lebih Besar Mungkin bagi sebagian orang sumur yang memiliki diameter yang besar dan luas sangat kurang praktis apalagi jika lahan yang dimiliki sempit. Namun sebenarnya bukan begitu. Ketahulah kelebihan dari sumur gali ini, dengan penggunaan diameter yang lebih luas maka secara otomatis debit air yang dihasilkan juga semakin besar. Oleh karena itu tidak perlu diadakan penggalian yang dalam untuk mendapatkan debit airnya. Cukup dengan kedalaman yang sedang maka debit air akan keluar.
  2. Dapat Diperdalam Dengan Mudah Jika ingin melakukan pendalaman sumur gali maka dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dengan diameter yang lebih muas dan penggunaan beton maka penggalian sumur dapat dilakukan lebih mudah.
  3. Biaya yang lebih Murah Untuk pembuatan sumur gali sendiri biaya lebih terjangkau dibanding dengan pembuatan sumur bor. Anda bisa mempercayakan pembuatan sumur gali kepada ahlinya tukang sumur jogja terpercaya.


Kekurangan Sumur Gali :

  1. Diameter Besar Mungkin bagi sebagian orang diameter sumur bukan masalah yang besar terutama untuk mereka yang memiliki lahan luas. Namun seringkali menjadi persoalan tersendiri bagi mereka yang memiliki lahan yang lebih sempit, misalnya saja seperti di daerah perkotaan maka penggunaan jenis sumur gali kurang efektif dilakukan.
  2. Pencemaran Lebih Mudah Berbeda dari sumur bor yang diletakkan di kedalaman yang lebih dalam sehingga tidak mudah mengalami pencemaran jika di sekitar sumber mata airnya terdapat aktiitas tambanga dan sebagainya. Maka berbeda dengan jenis sumur gali, salah satu kekurangan dari jenis sumur gali atau sumur timba ini adalah seing sekali terjadi pencemaran air di dalamnya. Waktu hujan lebat saja sumber air akan tercampur dengan bahan material yang ada disekitarnya apalagi jika di dekat sumur gali terdapat tempat pembuangan tinja, peceren dan sebagainya maka akan lebih mudah tercemar airnya. Air akan lebih keruh, berbau, berwarna dan tidak jernih.
  3. Perawatan Lebih Mahal Jika dibanding dengan jenis sumur lainnya maka penggunaan sumur gali akan lebih mahal dari segi perawatannya. Misalnya saja yan sering menjadi alasannya adalah saat sumur mengalami kerusakan maka tentu anda membutuhkan tukang ahli sumur yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Namun dengan dalil keselamatan sangat beresiko tinggi dan takut kejebur dan tidak bisa naik lagi maka biaya perawatan untuk sumur gali akan lebih mahal. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan sumur bor dan sumur gali. Dari kelebihan dan kekurangan tersebut maka anda jauh lebih bisa mempertimbangkan.
Demikian sedikit informasi yang dapat kami bagikan,dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor dan Sumur Gali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel